in , , , , , , , ,

Psychological First Aid Pada Anak-anak Korban Terdampak Gempa Sulbar oleh Para Relawan Penyintas Tsunami PASIGALA.

Psychological First Aid Pada Anak-anak Korban Terdampak Gempa Sulbar oleh Para Relawan Penyintas Tsunami PASIGALA. (27-28/01)

Gempa Sulawesi Barat berkekuatan magnitudo 6,2 SR menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi penyintas dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan psikologis.
Sejumlah warga masih dibayangi rasa takut jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan. Tak sedikit penyintas yang belum kembali ke rumah nya. Mereka memilih tinggal di tenda darurat. Ada juga warga yang mendirikan tenda di depan rumahnya.
Untuk itu, para korban gempa tidak hanya butuh bantuan secara materil namun juga yang tidak kalah penting adalah bantuan secara psikologis.


Relawan One Care telah membersamai penyintas gempa Sulbar. Selain memberikan bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan dan kebutuhan harian, pada hari rabu hingga kamis (27-28/01) tim relawan juga melaksanakan giat aksi Psychological First Aid di Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro.
Desa Botteng merupakan salah satu lokasi yang cukup parah terdampak gempa. Ewin salah satu relawan yang bertugas untuk gempa Sulbar melaporkan bahwa 85% rumah masyarakat di desa ini telah hancur akibat gempa.
Psychological first aid hadir sebagai sebuah tindakan untuk menjaga dan mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan psikososial korban.


Para relawan yang tergabung untuk program Psychological First Aid berasal dari Palu yang dimana mereka dahulu tahun 2018 juga menjadi korban bencana Tsunami Palu, Sigi dan Donggala. Kegiatan di lokasi meliputi bermain bersama anak-anak dan juga menggambar dan mewarnai.

What do you think?

Written by OneNews

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Lokasi Sulit Di Akses, Relawan Gunakan Trail Untuk Distribusi Bantuan

Paket Bantuan untuk Ibu Hamil dan Balita Penyintas Gempa Sulbar